sidang virtual 1
 
Kamis, 15 Juli 2021 Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa menyelenggarakan Sidang Virtual dengan agenda pemeriksaan saksi. Dikarenakan saksi sedang berada di Bekasi, sidang perkara UU ITE dengan Nomor Perkara 27/Pid.Sus/2021/PN Dth tersebut diselenggarakan secara virtual dengan bantuan dari Pengadilan Negeri Bekasi. Majelis Hakim YM. Teopilus Patiung, SH., MH. (Ketua Majelis), YM. Jefry Roni Parulian Sitompul, SH. (Hakim Anggota), YM. Heri Setyawan, SH. (Hakim Anggota) dan Yeri R Rianekuay, SH. (Panitera Pengganti) berada di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa dan Saksi Berada di Pengadilan Negeri Bekasi.
 Sidang Virtual 2
 Sidang secara virtual dengan bantuan Pengadilan Negeri lain seperti ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa. Dengan adanya inovasi seperti ini memudahkan para pihak untuk berperkara, khususnya ditengah pandemic seperti ini sidang virtual dapat mengurangi mobilitas pihak-pihak yang sedang berperkara.

 Sidang Virtual 3

 

Pelaksanaan sidang virtual / secara elektronik seperti ini berdasarkan atas Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik. Persidangan secara elektronik atau disbut dengan e-litigasi adalah inovasi dari Mahkamah Agung RI dan merupakan lanjutan inovasi sebelumnya yaitu e-court. Perbedaannya adalah jika sebelumnya e-court baru memberikan tiga layanan yaitu pendaftaran secara elektronik (e-filling), pembayaran secara elektronik (e-payment) serta pemanggilan para pihak secara elektronik (e-summons) namun e-litigasi memiliki layanan yang lebih luas lagi yaitu bisa melakukan jawab-menjawab secara elektronik (jawaban, replik dan duplik), penyampaian kesimpulan para pihak serta penyampaian putusan pengadilan. Era Revolusi 4.0 membuat segalanyaharus serba cepat dan efisien. Dengan adanya media-media elektronik yang semakin terbaharui akan banyak inovasi-inovasi dari Mahkamah Agung RI kedepannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.