awal dari akhir pra peradilan

 Kamis tanggal 12 Maret 2020 merupakan akhir dari sidang praperadilan yang digelar secara maraton sejak hari Rabu tanggal 4 Maret 2020 di Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa. Sidang dengan Nomor Perkara 1/Pid.Pra/2020/PN Dth tersebut atas permohonan yang diajukan oleh Para Pemohon yaitu Stefanus Ahwalam dan Khaleb Yamarua terhadap Termohon Kapolsek Werinama. Para Pemohon yang merupakan warga Desa Sabuai mengajukan permohonan praperadilan dengan alasan penangkapan, penahanan dan penetapan tersangka yang dilakukan oleh Termohon adalah tidak sah.

Bermula pada hari Senin tanggal 17 Februari 2020, Para Pemohon dan warga Desa Sabuai lainnya melakukan perusakan kendaraan milik CV. Sumber Berkat Makmur di Hutan Sabuai Kecamatan Siwalalat Kabupaten Seram Bagian Timur, selanjutnya Termohon membawa Para Pemohon ke Polsek Werinama dan tinggal selama 5 hari, selanjutnya pada tanggal 21 Februari 2020, Para Pemohon ditetapkan sebagai tersangka.

 

ending pra peradilan

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Tunggal Awal Darmawan Akhmad S.H., M.H. dengan dibantu oleh Hendra Kesaulya, S.H. selaku Panitera Pengganti, di dalam putusannya pada pokoknya menyatakan menolak permohonan praperadilan Para Pemohon dengan pertimbangan tindakan Termohon yang membawa dan menempatkan Para Pemohon di Polsek Werinama adalah sebuah tindakan preventif untuk mengantisipasi terjadinya konflik, sedangkan penetapan tersangka sudah didasarkan atas minimal 2 (dua) alat bukti.

Persidangan berjalan dengan lancar dan damai, selanjutnya setelah putusan diucapkan dan sidang ditutup, Para Pemohon dan Termohon saling menyalami satu sama lain.