Tampak depanDalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan mak dipandang perlu membentuk Pengadilan Negeri Dataran Hunimua. Landasam inilah yang merupakan satu dasar pembentukan Pengadilan Negeri Dataran Hunimu yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2016. Tentang Pembentukan Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu, Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa, Pengadilan Negeri Sanana Dan Pengadilan Negeri Bobong. Pegadilan Negeri Dataran Hunimua berada dalam wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku dengan ibu Kota Kabupaten Sekarang adalah di Desa Bula.

Pada tanggal 22 Oktober 2018 yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH, MH. Meresmikan operasional 85 kantor peradilan baru yang beroparsi di seluruh Indonesia termasuk Pengoperasian Kantor Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa yang diwakili oleh Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa Bapak Purwanto S. Abdullah, S.H.,M.H. Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa dilantik oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bapak Respatun Wisnu Wardoyo, S.H pada tanggal 29 Oktober 2019 bertempat di Kantor Pengadilan Tinggi Ambon dan kemudian melantik Wakil Ketua serta pejabat fungsional dan structural pada tanggal 2 November 2018 bertempat di kantor induk Pengadailan Negeri Masohi.

Seluruh hakim dan pegawai Kantor Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa mulai melaksanakan pembersihan kantor serta penyiapan sarana dan prasara kantor pada tanggal 5 November 2018 dan telah melaksanakan pelayanan terhadap permintaan pembuatan surat keterangan tidak dipidana pada masyarakat. Sejak awal November hingga pertengahan bulan desember Kantor Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa tetap melaksanakan penyiapan sarana dan prasarana hingga diresmikan opersionalnya oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Ambon pada tanggal 11 Desember 2018.

Gedung yang digunakan sebagai kantor opersional Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa adalah sebuah gedung bekas Dinas Kehutanan dan Perkebunan dengan status pinjam pakai yang terletak di jalan Aer Kabor-kabor kota Bula. Posisi gedung kantor sementara Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa yang berada tepat dibelakang gedung Kantor Kehutanan membuat masyarakat dan para pihak kesulitan dalam akses masuk, karena harus masuk melalui pintu kantor kehutanan. Diharapkan agar Mahkamah Agung segera merealisasinkan pembangunan gedung kantor agar pelayanan public pada Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa dapat berjalan secara professional dan lebih baik.