Sosialisasi HAKI 1

Penhunim_info, Kamis, 10 Mei 2019 PN Dataran Hunimoa menggelar sosialisasi Materi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Kegiatan sosialisasi di diawali dengan kegiatan rapat rutin bulanan yang diadakan pada hari yang sama. Kegaitan sosialisasi HAKI yang dilaksanakan ini dipandu oleh Panitera PN. Dataran Hunimoa (Bpk. Jacobus Mahulette, S.H.,M.H) yang bertindak sebagai moderator dengan pemateri Wakil Ketua PN. Dataran Hunimoa (Bpk. Achmad Darmawan, SH.,M.H) dan hakim PN. Dataran Hunimoa (Bpk. Erwan, S.H). Kagiatan ini dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut hasil kegaitan sosialisasi HAKI yang dilaksanakan Oleh Mahkamah Agung bertempat di Ambon, Maluku.

Sosialisasi HAKI 2

Delam pemaparan materi yang disampaikan pemateri atau narasumber menekankan bahwa, Adanya Undang-undang tentang HAKI ini tidak lain adalah upaya pemerintah untuk menjaga atau melindungi hak berkreasi tiap-tiap orang. Selain itu hukum ini juga bertujuan agar masyarakat lebih mampu untuk menciptakan ide atau kreasi sendiri ketimbang meniru atau hanya copy paste kreatif orang lain. Bila Hak Kekayaan Intelktual seseorang tidak dilindungi, maka akan banyak permasalah hasil kreaatifitas atau hak cipta yang terjadi. Saling klaim mengklaim sebuah karya akan marak terjadi, sehingga orang menjadi enggan mencipta, karena pengakuan terhadap karya ciptanya tidak dilindungi.

Sosialisasi HAKI 3

Pada sisi yang lain, bila aturan ini dilaksanakan, akan banyak juga terkena masalah karena setiap barang apapun yang ditempatkan pada tempat yang bukan seharusnya, atau suatu hak cipta digunakan tidak pada tempatnya atau tanpa sepengetahuan pemilik hak ciptanya, dapat dipidana dengan undang-undang tersebut. Apalagi kebiasan masyarakat kita yang agak kurang teliti dengan hal semacam ini.

Sosialisasi HAKI 4

Semoga hukum yang diterapkan dapat dijadikan bahan pelajaran bagi masyarakat agar timbul rasa harga-menghargai akan jeripaya atau atas usaha kreatifitas seseorang. (BS)

Sosialisasi HAKI 5